Halaman

Harga Paket Kamera CCTV, Harga HP Android, Harga Mesin Potong Rumput, Harga Mesin Cuci, Harga Tablet Lenovo, Mesin Fotocopy, Mobil Mewah di Indonesia, Robots, Hard Disk Drive, Harga Hardisk Laptop, Motor Yamaha Terbaru, Harga Ban Motor, Windows Xp,

Harga Diri Rendah | Artikel

HARGA DIRI RENDAH

Harga Nego. Minder atau harga diri rendah sebenarnya termasuk gangguan psikologis. Seseorang yang mengalami minder akan cenderung menjadi pemalu dan menyendiri ketimbang berada di depan umum, serta lebih suka menarik diri dari kehidupan sosial.
Penilaian terhadap diri sendiri terkadang lebih bersifat subjektif bahkan irasional. Kebanyakan orang memandang dirinya dari kondisi fisik (kecantikan, ketampanan, atau kecacatan) dan psikologis (pengalaman atau tekanan masa lalu).
Harga diri dan konsep diri tidak bisa dipisahkan dari memandang diri sendiri. Harga diri merupakan penilaian seseorang terhadap diri sendiri, baik bersidat positif maupun negatif. Sementara konsep diri merupakan penilaian yang berasal dari dalam diri sendiri.
Seseorang yang memilki harga diri rendah maka akan membatasi pergaulannya, kurang percaya diri, kurang aktif, dan tidak bisa bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri
Di dalam hidup di masyarakat manusia harus dapat mengembangkan dan melaksanakan hubungan yang harmonis baik dengan individu lain maupun lingkungan sosialnya. Tapi dalam kenyataannya individu sering mengalami hambatan bahkan kegagalan yang menyebabkan individu tersebut sulit mempertahankan kestabilan dan identitas diri, sehingga konsep diri menjadi negatif. Jika individu sering mengalami kegagalan maka gangguan jiwa yang sering muncul adalah gangguan konsep diri misal harga diri rendah.
Faktor psikososial merupakan faktor utama yang berpengaruh dalam kehidupan seseorang (anak, remaja, dan dewasa). Yang mana akan menyebabkan perubahan dalam kehidupan sehingga memaksakan untuk mengikuti dan mengadakan adaptasi untuk menanggulangi stressor yang timbul. Ketidakmampuan menanggulangi stressor itulah yang akan memunculkan gangguan kejiwaan.
Salah satu gangguan jiwa yang ditemukan adalah gangguan konsep harga diri rendah, yang mana harga diri rendah digambarkan sebagai perasaan yang negatif terhadap diri sendiri, termasuk hilangnya percaya diri dan harga diri, merasa gagal mencapai keinginan (Keliat, 1999). Perawat akan mengetahui jika perilaku seperti ini tidak segera ditanggulangi, sudah tentu berdampak pada gangguan jiwa yang lebih berat. Beberapa tanda-tanda harga diri rendah adalah rasa bersalah terhadap diri sendiri, merendahkan martabat sendiri, merasa tidak mampu, gangguan hubungan sosial seperti menarik diri, percaya diri kurang, kadang sampai mencederai diri (Townsend, 1998).

Pengertian dan Faktor yang menyebabkan seseorang mengalami harga diri rendah, yakni:

Pengertian
Gangguan harga diri rendah adalah evaluasi diri dan perasaan tentang diri atau kemampuan diri yang negatif yang dapat secara langsung atau tidak langsung diekspresikan ( Townsend, 1998 ).
Menurut Schult & Videbeck ( 1998 ), gangguan harga diri rendah adalah penilaian negatif seseorang terhadap diri dan kemampuan, yang diekspresikan secara langsung maupun tidak langsung
Dari pendapat-pendapat di atas dapat dibuat kesimpulan, harga diri rendah adalah suatu perasaan negatif terhadap diri sendiri, hilangnya kepercayaan diri, dan gagal mencapai tujuan yang diekspresikan secara langsung maupun tidak langsung, penurunan harga diri ini dapat bersifat situasional maupun kronis atau menahun.

Pola Asuh Keluarga
Pola asuh yang diterapkan di keluarga sangat berpengaruh terhadap bagaimana seseorang memandang dirinya sendiri. Pola asuh yang permisif cenderung kurang terkontrol sehingga seseorang menjadi tidak bisa membedakan mana yang baik dan mana yang tidak bisa diterima masyarakat. Sebaliknya, pola asuh otoriter kadang menyebabkan masalah maladaptif dalam menilai diri.

Tekanan/Trauma
Banyak faktor yang bisa menyebabkan timbulnya trauma, misalnya kekerasan fisik, seksual, dan peristiwa lain yang bisa mengancam seseorang hingga tidak bisa lepas dari bayang-bayang kejadian yang tidak menyenangkan tersebut.

Keadaan Fisik
Harga diri seseorang juga dipengaruhi oleh kondisi fisik. Kondisi fisik yang mempunyai kekurangan atau cacat akan membuat seseorang merasa minder. Akibatnya mereka cenderung menarik diri untuk menyembunyikan kekurangannya.

Ketidakberfungsian Secara Sosial
Ketidakberfungsian secara sosial disini adalah tidak mampunya seorang individu menempatkan dirinya dalam fungsi sosial. Misalnya seorang kepala rumah tangga yang menganggur, akan merasa rendah diri dalam kehidupan sosialnya.

Tanda dan Gejala
1.    Mengkritik diri sendiri dan orang lain
2.    Penurunan produktivitas
3.    Destruktif yang diarahkan pada orang lain
4.    Gangguan dalam berhubungan
5.    Rasa diri penting yang berlebihan
6.    Perasaan tidak mampu dan rasa bersalah
7.    Mudah tersinggung atau marah yang berlebihan
8.    Perasaan negatif mengenai tubuhnya sendiri
9.    Ketegangan peran yang dirasakan
10.  Pandangan hidup yang pesimis dan bertentangan
11.  Keluhan fisik dan khawatir
12.  Penolakan terhadap kemampuan personal
13.  Destruktif terhadap diri sendiri dan pengurangan diri
14.  Menarik diri secara sosial dan dari realitas
15.  Penyalahgunaan zat

Proses Terjadinya Masalah
Individu yang kurang mengerti akan arti dan tujuan hidup akan gagal menerima tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain. Ia akan tergantung pada orang tua dan gagal mengembangkan kemampuan sendiri ia mengingkari kebebasan mengekspresikan sesuatu termasuk kemungkinan berbuat kesalahan dan menjadi tidak sabar, kasar dan banyak menuntut diri sendiri, sehingga ideal diri yang ditetapkan tidak tercapai.
Sedangkan stressor yang mempengaruhi harga diri rendah dan ideal diri adalah penolakan dan kurang penghargaan diri dari orang tua dan orang yang berarti, pola asuh yang tidak tepat, misalnya terlalu dilarang, dituntut, dituruti, persaingan dengan saudara. Kesalahan dan kegagalan yang terulang, cita-cita yang tidak tercapai, gagal bertanggung jawab terhadap diri sendiri.
Harga diri rendah dapat terjadi karena adanya kegagalan atau berduka disfungsional dan individu yang mengalami gangguan ini mempunyai koping yang tidak konstruktif atau kopingnya maladaptive.
Resiko yang dapat terjadi pada individu dengan gangguan harga diri rendah adalah isolasi sosial: menarik diri karena adanya perasaan malu kalau kekurangannya diketahui oleh orang lain. ( Stuart dan Sundeen, 1991 )

Solusi dan Pencegahan
Untuk mengurangi penyakit atau menghilangkan perasaan harga diri rendah yang berlebihan adalah selain dengan metode kesehatan secara ilmiah maka harus diiringi dengan penyeimbangnya yaitu masalah ruhaniah karena bagaimanapun ruhani dan jasmani itu tidak bisa dipisahkan yaitu misalnya dengan menjelaskan kepadanya serta memahamkan hakekat manusia disisi Allah, tujuan manusia diciptakan oleh Allah dan Kemana manusia akan dikembalikan. Realisasi dari terapinya mungkin bias dibawa ketempat tempat yang membahas masalah ruhani yaitu pengajian, majelis ta’lim atau ke sekolah diniyah yang mengajarkan tentang agama. Kurang lebihnya saya mohon maaf salam penulis dari Adin Nuryadin  

Sumber Inspirasi Solusi dan Pencegahan dari Penulis
http://haeraniasrina.blogspot.com/
http://doktersehat.com
Facebook Twitter Google+
Back To Top